Selasa, 01 Januari 2013

Keyboard Infrared


Dengan semakin berkembangnya teknologi, baru-baru ini telah muncul suatu perangkat praktis untuk pelengkap komputer, yaitu keyboard infrared atau keyboard virtual. Dengan hadirnya perangkat ini semakin memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan komputer.Diantara kemudahan yang didapat pengguna adalah pengguna tidak lagi repot-repot membawa perangkat kumpulan tuts tersebut kemana-mana.
            Pengertian keyboard virtual adalah salah satu fitur untuk program komputer atau program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa. Perlu diketahui bahwa dalam dunia PC dekstop, proram windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard, bekerja secara virtual bukan hanya  sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mouse.
            Manfaat yang dapat dirasakan pengguna dalam menggunakan keyboard virtual ini sangat banyak. Diantaranya adalah pengguna keyboard virtual ini sangat ideal untuk digunakan di luar angkasa. Sensor akan terbaca via infra merah, sesuai dengan apa yang kita ketik pada keyboard tersebut. Selain itu, keyboard virtal ini bisa disambungkan dan digunakan melalui PDA, saluran telepon, laptop, PC, tablet, pelengkap peralatan di luar angkasa, untuk daerah industri, dalam kendaraan, baik udara, air, maupun darat. Produk ini juga lebih steril dibandingkan penggunaan keyboard manual.

Sedangkan cara kerja keyboard virtual tersebut adalah:
1.        Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
2.       Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjasi keyboard virtual.
3.       Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi lansung ke proyekotor.
4.       Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
5.       Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
6.       Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam kordinat.
7.       Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar